Bukit Matang Keladan : Raja Ampat di Tanah Borneo

Satu lagi Destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang viral di Media Sosial, Bukit Matang Keladan atau Bukit Lawangan yang masih berada dikawasan Bendungan Rian Kanan  di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Propinsi Kalimantan Selatan.

Foto Bersama di Puncak Bukit Matang Keladan - Aranio (Sumber : FB Tryana Nha Damayanti)

Alam di Tanah Borneo memang sejatinya menyimpan banyak keindahan yang tiada batas, baik dari pantai, hutan dan pegunungannya. Tak afdol rasanya jika ke Kalimantan tidak menginjakkan kaki keatas bukit Matang Keladan - Aranio.

Bukit Matang Keladan kini mulai viral sejak banyak wisatawan yang mempublish keindahannya di akun media sosial mereka. Bukit Matang Keladan menawarkan panorama alam yang memukau, hamparan perbukitan yang masih sangat hijau di hiasi oleh waduk - waduk  kecil di sekitar Bendungan Riam Kanan manjadikan pemandangan hidup dan sejuk dipandang mata.

Area treking yang menantang menjadi salah satu daya tarik bagi pecinta alam untuk menaklukkan puncak bukit matang keladan, bahkan jika beruntung anda pun disuguhi pemandangan luar biasa, banyak wisatawan yang rela bermalam disini hanya untuk melihat Sunset / Matahari terbit dari Puncak bukit Matang Keladan - Aranio.

Keindahan waduk Rima Kanan  dari puncak Bukit Matang Keladan ( Foto: BingkaiBorneo/Ahmad Rifa'i)

Akhir akhir ini banyak wisatawan yang bermalam dipuncak bukit sekedar hobby mendaki gunung atau sekedar mengambil moment moment indah untuk diabadikan bersama teman teman yang menandakan bahwa Bukit Matang Keladan - Aranio Kabupaten Banjar Propinsi Kalimantan Selatan tidak sepi oleh pengunjung.

Spot Spot untuk berfoto sekarang sudah dibuat sedemikian indah menjadi ikon tersendiri dari keindahan Bukit Lawangan atau Bukit Matang Keladan namun untuk mengabadikan keindahan puncak bukit Matang Keladan dikenakan tarif Rp. 5000 / Spot untuk berfoto.

Untuk bisa menuju puncak Bukit Matang Keladan ini memang tak semudah saat kalian berkunjung ketempat wisata di kota, karena kalian dituntut untuk berusaha terlebih dahulu mendaki namun keindahan yang diberikan dari puncak akan terbayar, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai kepuncak Bukit Matang Keladan dengan sudut kemiringan hingga 60 derajat.

Dari puncak Bukit Matang Keladan - Aranio ini kalian akan menjumpai pemandangan dari pulau pulau kecil dan juga pemandangan Waduk Riam Kanan yang menjadi tempat favorite para pengunjung dan tak salah jika banyak wisatawan menyebutnya dengan nama Raja Ampatnya Borneo (Kalimantan Selatan)

Bukit Matang Keladan - Aranio Kabupaten Banjar ( Foto : BingkaiBorneo/iit)

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Matang Keladan - Aranio ?

Lokasi Bukit Matang Keladan ini terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar , Propinsi Kalimantan Selatan. Bukit Matang Keladan ini berada di sekitar Dermaga Riam Kanan yang jaraknya sekitar 25 KM dari pusat kota Banjarbaru.

Jika dari Banjarmasin maka kalian akan menempuh jarak sekitar 60 KM namun dengan akses jalan yang baik anda bisa menggunakan mobil atau motor sekitar 2 Jam untuk sampai ke Dermaga Riam Kanan - Aranio.

Setelah sampai di Dermaga Riam Kanan Aranio kalian bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir untuk selanjutnay menempuh trek melalui jalan setapak diperkampungan penduduk. dari sana sudah banyak penunjuk arah jadi kalian tak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk Bukit Matang Keladan?

Sebelum kalian melanjutkan pendakian, terlebih dahulu kalian akan melewati pos penjagaan dimana kalian akan diminta mengisi daftar nama dan jumlah rombongan dengan membayar retrebusi sebesar Rp.3.000/ orang. Setelah itu silakan lanjutkan pendakian dengan mengikuti jalur yang sudah ada.

Galerry Keindahan Bukit Matang Keladan ?

1. Selamat Datang di Wilayah Wisata Puncak Bukit Matang Keladan, Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.


Gerbang untuk masuk ke kawasan wisata Bukit Matang Keladan - Aranio ( Foto : BingkaiBorneo)

2. Jalan Terjal yang menjadi rute untuk menuju puncak bukit matang keladan - Aranio , Terknya ini  lo yang jadi sensasi...


Jalur Treking ke Puncak Bukit Matang Keladan (Foto : BingkaiBorneo/Fathur)


 3. Ketika sampai dipuncak kalian bisa berfoto / selfie dibeberapa spot yang disediakan oleh pengelola namun dikenakan biaya Rp. 5000/Spot Foto.

Spot Perahu : Serasa naik perahu diatas angin ,  Model Tryana Damayanti  (Foto : FB/Tryana Nha Damayanti)

Spot Palaquium : Santai sembari menikmati keindahan alam Matang Keladan ( Model : Merry - Foto : FB/Meri Muharromah)

Spot Sarang Burung : Keindahan spot dari krreatifitas yang dibuat dari alang-alang ( Model : Tryana - Foto : FB/Tryana Nha Damayanti)

4. Terakhir Selamat Minikmati Keindahan Alam Bukit Matang Keladan - Aranio , Raja Ampatnya di Tanah Borneo Kalimantan Selatan.

Keindahan Waduk Riam Kanan dan gugusan pulau kecil dari puncak bukit Matang Keladan yang kami sebut juga dengan Raja Ampat di tanah Borneo ( Foto : BingkaiBorneo/iit)


Komentar