Pesona Pasar Terapung Lok Baintan - Martapura

Pasar Terapung Sangat sedikit kita jumpai dibelahan dunia, yang sering kita dengar adalah Pasar Terapung / Float Market di Phuket - Thailand dan Pasar Terapung di Lok Baintan - Martapura Indonesia.

Port Lok Baintan - Dermaga Pasar Terapung 


Pasar Terapung yang akan kita bahas merupakan Pasar Terapung yang ada di Desa Lok Baintan, Martapura, Kalimantan Selatan - Indonesia.

Pasar Terapung merupakan sebuah pasar tradisional yang seluruh aktifitasnya dilakukan diatas air dengan menggunakan perahu yang berdesak desakan mencari pembeli dan yang lebih menariknya di Pasar Terapung Martapura ini masih ada yang menggunakan sistem Barter antar pedagang.

Pasar Terpung tidak memiliki organisasi seperti halnya pasar di darat sehingga tidak tercatat berapa pedagang yang bertransaksi di atas ari, ketika hari mulai terik mereka perlahan satu persatu bubar dan pulang kerumah masing-masing. Pedangan dan Pembeli dipasar terapung ini tidak terpaku pada satu tempat karena mereka mengikuti arus sungai, keunikan ini sering juga disebut orang-orang sebagai " Pasar Balarut"

Pelancong Mancanegara di Pasar Terapung Lok Baintan

Indonesia sangat dikenal mancanegara oleh karena keunikan Pasar Terapung yang ada Di Desa Lok Baintan, Martapura, Kabupaten Banjar, Propinsi Kalimantan Selatan yang biasa hanya bsa dijumpai dari subuh hingga pukul 10.00 WITA.

SEJARAH PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN MARTAPURA

Pedangan dengan Peharu Air (Jukung : bahasa banjar)

Tidak bisa dipungkiri keberadaan Pasar Terapung Lok Baintan Martapura Kabupaten Banjar yang terletak di Propinsi Kalimantan Selatan tidak lepas dari Sejarah Kerajaan Banjar yang berdiri sekitar tahun 1595 Masehi. Wilayah Sekitar Pasar Terapung pada masa itu dalam pengelolaan Kerajaan Banjar dibawah pimpinan Patih Masih dan Patih Kuin, Mereka berdua menerima tugas dari Pemerintah setempat untuk mengelola wilayah ini, seiring dengan perkembangan zaman Pasar Terapung Lok Baintan sekarang sudah menjadi Destinasi Wisata di Kabupaten Banjar.

RUTE KE LOKASI PASAR TERAPUNG

Untuk berkunjung ke Pasar Terapung yang ada di Desa Lok Baintan , Martapura, Kabupaten Banjar Propinsi Kalimantan Selatan ini terbilang mudah karena lokasinya dekat dengan pusat Kota Banjarmasin.

Foto Bandara Internasional Syamsudinnor Banjarmasin

Bagi Anda yang berada diluar Kalimantan Selatan bisa mengambil jalur udara dengan rute Penerbangan Banjarmasin (BDJ) yang landing di Bandara Internasional Syamsudinnor - Banjarmasin, setelah itu bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Banjarmasin dengan menggunakan Taksi sekitar 30 Menit atau bisa langsung menuju Kuin.

Setelah Tiba dikuin  anda bisa menggunakan taksi Kelotok (Perahu Air) sekitar 45 Menit menuju Destinasi Pasar Terapung.

TIPS BERWISATA KE PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN - MARTAPURA

Wisatawan Luar Naik Jukung ditengah Pasar Terapung Lok Baintan

Jika anda ingin ke Pasar Terapung dengan sensasi yang luar biasa  mungkin bisa mengikuti tips berikut sebagai referensi :

1. Memilih Jenis Transportasi
Ada beberapa pilihan transportasi untuk menuju Pasar Terapung Lok Baintan Martapura, bisa ditempuh menggunakan mobil , Motor, Perahu Kelotok. dan agar lebih berasa saya sarankan untuk menggunakan perahu kelotok karna disepanjang jalan anda akan menemukan banyak hal hal unik dan juga harganya relative lebih murah.

2. Waktu Yang Tepat Ke Pasar Terapung
Para Pedagang biasanya mulai berjualan sejak subuh, beroperasi sekitar puluk 06.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita, jadi agar tidak kehilangan moment tersebut ada baiknya agar persiapkan perlengkapan seperti Camera dan lain sebagainya untuk mengabadikan momen-momen anda di Pasar Terapung dan tentuntya berangkat harus pagi pagi sekali karena ketika matahari mulai terik Pedangan akan mulai bubar hingga sekitar pukul 10.00 Wita.

3. Perhatikan Barang Bawaan
Menikmati Suasana di Pasar Terapung akan sangat memikat hati dan memberikan kesan yang luar biasa bagi para wisatawan. JAngan sampai wisata anda rusak atau terganggu oleh hal hal yang tidak diinginkan, oleh karena itu perhatikan barang berharga anda, Handphone, Kamera dan lain sebagainya.

4. Jangan Membuang Sampah Disungai
Menjaga kebersihan lingkungan sangat dianjurkan agar tidak mencemari sungai dan merusak keindahannya, agar kita semua terus dapat menikmati indahnya pesona Pasar Terapung Lok Baintan , Martapura Kalimantan Selatan maka sudah seharusnya kita tanamkan kesadaran untuk buang sampah pada tempatnya dan stop membuang sampah disungai.

Komentar