Serpihan Surga di Kepulauan Derawan - Kaltara

Pulau Maratua merupakan serpihan surga kecil digugusan Kepulauan Derawan - Kalimantan Utara

Foto : Pantai di Pulau Maratua

Indonesia memang terkenal sebagai negara maritim, Negara yang punya banyak keanekaragaman hayati dan biota laut yang sangat indah . Garis pantai yang terhampar dengan pasir putih dan hijaunya air laut seakan menciptakan kedamaian serta ketenangan jiwa.

Tak banyak yang tahu bahwa diujung pulau Kalimantan (Berau - Kalimantan Utara) yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia (Sabah) dan Negara Filipina memiliki serpihan serpihan surga yang terselip diantara gugusan Kepulauan Derawan.

Pulau Maratua namanya... Ya, Surga itu namanya Pulau Maratua.
Pulau Maratua merupakan pulau kecil yang berada di selatan pulau Tarakan dan berada di Lautan Sulawesi. Pulau ini dihuni oleh Suku Bajo yang terbagi dalam 4 (empat) Desa dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 3.000 jiwa dengan profesi  sebagian besar penduduknya merupakan nelayan. Pulau ini memiliki eksotisme dan keindahan yang memanjakan mata kita.


Pulau Maratua menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih dan birunya air laut dan tentunya ada banyak tempat tempat untuk diving dan snorkling, untuk sekedar melihat lihat pemandangan bawah laut dengan berbagai jenis biotanya tak perlu meyelam dalam maka kita sudah bisa menemukan ekosistem kuda laut, belut pita, cumi-cumi, lopster, ikan pari bahkan habitat penyu dan hiu (white tip shark) serta terumbu karang dengan aneka raagam dan warna.

Rute Menuju Pulau Maratua?

Banyak yang bertanya bagaimana kita bisa menuju ke Pulau Maratua? Jalur untuk menuju pulau Maratua bisa ditempuh dengan jalur laut dan jalur udara.

Foto : Bandara Kalimarau - Tanjung Redeb , Berau

Alternatif pertama kita bisa kita tempuh melalui jalur laut dimulai dari Kota Tarakan kita bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Kalimarau - Tanjung Redeb di Kabupaten Berau Kalimantan Utara, dari kota Tanjung Redeb - Berau kita bisa menyewa Speedboat menuju Pulau Maratua dengan estimasi waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Foto : Bandara Juwata - Tarakan

Jalur Kedua untuk sampai ke Pulau Maratua bisa memakai jalur udara dan jalur ini merupakan jalur yang akhir-akhir ini sering digunakan para wisatawan . Perjalanan dimulai dari Kota Tarakan , dari Bandara Juwata - Tarakan kita bisa langsung memesan tiket penerbangan langsung ke Bandara Maratua. Perjalanan udara dari bandara Tarakan menuju Bandara Pulau Maratua hanya membutuhkan waktu sekitar 30 Menit.

Penginapan di Pulau Maratua ?

Pulau Maratua memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya, Pulau diujung Kalimantan yang masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan namun tak perlu khawatir jika ingin berlibur disini, karana untuk menikmati indahnya Pulau Maratua tak akan bisa dihabiskan dalam 1 (satu) hari. Berikut Referensi Penginapan di Pulau Maratua :

1. Maratua Paradise Resort

Untuk bermalam di Pulau Maratua tentu menjadi bagian yang sangat mengasyikkkan terlebih bisa menghabiskan malam bersama teman-teman ataupn sanak keluarga. Maratua Paradise Resort merupakan penginapan terlengkap  dan terjangkau.

Foto : Maratua Paradise Resort

Maratua Paradise Resort mempunyai dermaga sendiri yang posisinya langsung menghadap kearah laut lepas. harganya yang ditawarkan pun terbilang ringan dengan fasilitas yang lengkap. untuk tarif permalamnya sekitar Rp. 900.000 hingga Rp. 1.250.000.

Maratua Paradise Resort beralamatkan di Jl. Langoan RT 003 Teluk Harapan, Maratua, Kabupaten Berau -  Kalimantan Utara. Contak Person : 0812-5386-8807

2. Nabucco Island Resort

Masih dari bagian Kepulauan Maratua, Penginapan ini juga menjadi rekomendasi bagi para wisatawan yang mengnginkan suasana surga Derawan yang masih sangat perawan.

Foto : Nabucco Island Resort 

Nabucco Island Resort memiliki 17 kamar dimana terdapat kamar yang berada ditepian pantai dan ada juga beberapa yang terletak diatas perairan. Tarif permalamnya dikenakan kisaran antara Rp. 1.100.000 hingga Rp. 1.700.000

Nabucco Island Resort beralamatkan di Nabucco Island, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Utara, Contact Person : 0542-593-635

3. Home Stay

Bai anda yang ingin berhemat ala backpacker , anda juga bisa menikmati indahnya malam di Pulau Maratua Surga Kecil di gugusan Kepulauan Derawan dengan menginap di Home Stay - Home Stay yang berada di kawasan perumahan penduduksetempat. tarifnya pun tidak akan menguras kantong anda, cukup merogoh kocek Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000 dan andapun akan menikmai Surga di Pelau Maratua.

Komentar